BAHAGIA DALAM DIRI


Kebahagiaan adalah keadaan dimana hati kita merasa senang, nyaman, tentram dan aman dari ancaman. Ada banyak hal yang membuat seseorang bahagia tergantung pandangan mereka tentang kebahagiaan yang mereka maksudkan masing-masing. Namun, kebahagian yang sebenar-benar bahagia itu adalah kebahagiaan yang kita rasakan baik di dunia maupun di akhirat. Ini sudah jelas diinginkan oleh semua orang.
Inilah 5 langkah untuk menemukan kebahagian dunia dan akhirat dalam dirimu dan sekelilingmu
1.      Qolbun Syakirun
Secara bahasa, qolbun syakirun berarti hati yang bersyukur, hati yang meyakini bahwa segala-galanya datang dari Allah. Inilah salah satu langkah menuju kebahahagian dunia dan akhirat yang sering kita lupakan. Kita lebih sering memikirkan terhadap nikmat yang belum kita dapatkan dan belum kita miliki sehingga lupa untuk memikirkan betapa banyaknya nikmat yang belum kita syukuri.
Kita harus memikirkannya lagi, apakah kita telah bersyukur detik ini?. Apakah kita hanya akan bersyukur kalau telah diberi nikmat dan kebahagian?. Padahal kebahagian itu kita peroleh ketika kita telah bersyukur. Oleh karena itu, untuk mendapatkan qolbun syakirun, jangan menunggu bahagia kemudian bersyukur tapi bersyukurlah maka kita akan bahagia. Kita harus meyakinkan bahwa semuanya datang dari Allah maka hati kita akan senantiasa bersyukur kepada Allah.

2.      Azwajus Sholihah
Pasangan yang sholeh/sholihah. Ingatkah kita akan kisah rumah tangga Umar dan kisah rumah tangga Rasulullah?. Ingatkah kita bagaimana sikap umar yang hanya diam ketika istrinya marah dan mendengarkan dengan seksama semua keluhan istrinya?. Padahal Umar adalah orang yang paling ditakuti bahkan setan pun takut kepada Umar. Karena umar tahu bahwa membalas dengan marah tidak akan menyelesaikan masalah. Seperti halnya kutub negatif dengan kutub negatif jika bertemu akan saling tolak menolak. Sungguh kisah rumah tangga yang romantis dan penuh kasih sayang.
Inilah kebahagian yang kita dapatkan ketika kita memiliki istri sholehah ataupun suami yang sholeh. Subhanallah

3.      Auladul Abror
Anak-anak yang baik. Kebahagian sepasang kekasih akan bertambah jika telah memiliki buah hati apalagi buah hatinya menjadi anak yang sholeh dan sholehah.
Siapa yang tidak bahagia memiliki anak yang sholeh dan sholehah?. Namun kita terkadang tidak mengabaikan mereka. Kalau kita ditanya, apakah kita mau menitipkan uang yang banyak kepada pembantu kita?, jawabannya pasti tidak. Tapi kenapa kita mudah saja menitipkan anak kita kepada pembantu kita?. Anak adalah titipan Allah yang semestinya kita jaga dan kita sayangi.
Semoga kita mensyukuri titipan Allah itu dan menjadikannya anak-anak yang sholeh dan sholehah.

4.      Albiatu Sholihah
Lingkungan yang baik akan menunjang kebahagian kita. Sebuah pengaruh yang membawa dampak besar adalah lingkungan, baik itu lingkungan pergaulan dan tetangga. Lingkungan yang baik bisa dipati dengan lingkungan yang dekat dengan masjid supaya setiap waktu kita diingatkan dengan sang pencipta.
Lingkungan yang baik itu kita sendirilah yang menciptakannya. Dengan lingkungan yang baik akan mengurangi pemasalahan-permasalahan dan beban-beban hidup. Dan alangkah baiknya jika kita bisa hadir dilingkungan yang buruk dan mengubahnya menjadi lingkungan yang baik.

5.      Al-malul halal
Harta yang halal sangat berpengaruh terhadap kebahagiaan kita. Karena biasanya harta yang tidak halal akan membuat kita menjadi gelisah. Carilah harta dengan cara yang halal dan pergunankan dengan cara yang halal pula, insyaallah barokah. Walaupun harta hanya bersifat duniawi dan memang tidak bisa dibawa ke akhirat tapi harta bisa membawa  kita kepada kebahagian akhirat dengan disedekahkan dan dimanfaatkan dijalan Allah SWT.


Semoga bermanfaat!

catt : tulisan ini juga dimuat di datdut.com

Komentar