5 HAL INI AKAN MEMBUATMU MAKIN BERSYUKUR


                Setiap manusia diberikan kesempatan hidup untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya. Ada manusia yang memanfaatkan kesempatan itu dengan baik dan ada juga yang menyia-nyiakan kesempatannya begitu saja. Padahal tujuan Allah dalam penciptaan jin dan manusia adalah  untuk menyembah kepada-Nya. Berikut ini adalah 5 perbedaan antara hidup dan mati yang akan membuat kita selalu sadar dan ingat bahwa waktu kita harus digunakan sebaik-baiknya.
     1.       Mandi sendiri
Alhamdulillah kita masih bisa mandi sendiri atau yang masih bayi walaupun dimandikan ya masih bisa bayinya reflek atau main air hehehe. Inilah yang sering kita lupa bahwa pada suatu saat kita tidak bisa mandi sendiri, dimana kita malah dimandikan oleh orang lain baik itu keluarga kita ataupun orang muslim/mulimah lainnya.
Semoga saat mau mandi atau selesai mandi kita ingat bahwa kita masih ada kesempatan untuk mencari bekal di dunia ini. Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari setelah kita dimandikan oleh orang lain.

     2.       Memasang baju sendiri
Disaat kita sedang memakai baju maka hal saat itu juga kita akan diingatkan bahwa suatu saat nanti kita tidak bisa memakai baju sendiri tetapi dipakaikan baju oleh orang lain. Di dunia ini kita juga masih bisa memilih baju yang kita sukai, namun disaat waktu kita telah habis maka kita tidak bisa memilih pakaian yang kita sukai. Semua kita akan dipakaikan kain kafan yang putih dan bersih.

     3.       Masih bisa menjadi imam atau ma`mum
Menjadi imam atau ma’mum maka hal ini berarti kita sedang melakukan sholat. Selama nyawa masih di tubuh kita maka selama itu kita diberikan kesempatan untuk menyembah kepada-Nya.
Disaat kita sholat, sudah pasti kita menjadi imam atau ma’mum. Imam takbir maka ma’mum juga ikut takbir. Suatu saat pasti kita tidak akan menjadi imam ataupu ma’mum malahan waktu itu kita akan disholatkan,  disaat imam takbir kita diam saja dan tidak bergerak sedikitpun.

     4.       Bisa berjalan ke masjid
Orang yang kuat adalah orang yang sanggup berjalan ke mesjid untuk menjalankan ibadah berjamaah yang jaraknya jauh maupun dekat. Tetapi sesanggup apapun seseorang dalam maraton sejauh 5 km namun masjid yang jaraknya 30 meter tidak dia kunjungi maka dialah sebenar-benarnya orang lemah. Betapa ironinya masa sekarang ini.
Mengenai perjalanan menuju mesjid, adakalanya kita tidak bisa berjalan dengan kaki kita sendiri, dimana saat itu kita hanya terdiam kaku diatas keranda mayat dan digotong bersama-sama menuju mesjid untuk disholatkan. Maka syukurilah kesempatan ini, kesempatan kita yang masih sanggup berjalan sendiri.

     5.       Bisa membaca al-qur’an
Inilah perbedaan yang terakhir. Membaca al-Qur’an adalah sebuah ibadah yang setiap huruf yang kita baca akan diberi pahala yang berlipat. Semoga disaat membaca alqur’an akan mengingatkan kita tentang kesempatan hidup yang masih diberikan oleh Allah ta’ala. Karena mungkin suatu saat nanti kita tidak bisa membaca al-Qur’an lagi dan mungkin keluarga kita dan saudara-saudara kita datang kerumah kita dan membaca surah Yasin dihadapan kita.


Semoga bermanfaat!

Komentar

Posting Komentar