WASIAT IMAM AL-GHAZALI KEPADA MURIDNYA


          Wahai anakku, nasehat itu sangatlah mudah tetapi untuk menerimanya itu sangat sulit. Bagi orang yang tidak terbiasa dengan nasehat seolah-olah dia merasakan sesuatu yang pahit. Dan orang yang mencari ilmu namun tidak mengamalkannya maka konsekuensinya sangatlah besar. “orang yang mendapat azab yang dahsyat dihari kiamat adalah orang berilmu tetapi tidak mengamalkannya”. Hadits riwayat Tabrani dan Ibnu Majah.

            Wahai anakku,  janganlah engkau menjadi orang yang menganggur dari melakukan hal yang bermanfaat, jangan engkau berhenti untuk kerja keras. Yakinlah bahwa ilmu saja tidak akan cukup bagimu, seperti halnya engkau punya sepuluh samurai dan berjalan di gunung dan menemui seekor singa yang besar. Apakah mungkin dia bisa mengusir singa itu tanpa menggunakan pedangnya?.  Beginilah perumpamaan ilmu dan amal.
            Wahai anakku, jika kamu membaca buku dan mengumpulkannya selama seribu tahun, maka kamu tidak akan bisa menjadi ahli rahmat Allah kecuali dengan mengamalkannya.
            Wahai anakku, selama kamu tidak beramal maka kamu tidak akan mendapat upah. Khalifah Ali karamallahu wajhah berkata: orang yang ingin mendapatkan hasil tanpa usaha adalah para penghayal ulung.

            Wahai anakku, hiduplah semaumu karena kamu akan mati, dan cintailah apa yang kamu mau karena kamu akan berpisah, dan amalkanlah apa yang kamu mau karena semuanya akan dibalas sesuai yang kamu lakukan.

Komentar